Cara Cerdas Memilih Kosmetik
19 Mei 2021 11:20
Berita Aktual

Kosmetika adalah bahan atau sediaan yang dimaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia (epidermis,rambut,kuku,bibir dan organ genital bagian luar) atau gigi dan membrane mukosa mulut terutama untuk membersihkan, mewangikan,mengubah peampilan dan atau memperbaiki bau badan atau melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik.

Setiap kosmetika hanya diedarkan setelah mendapatkan izin edar berupa Notifikasi    dari Badan POM, dikecualikan Kosmetika yang digunakan untuk penelitian dan sampel kosmetika untuk pameran dalam jumlah terbatas dan tidak diperjualbelikan. Maka dari itu setiap Penandaan kosmetika harus mencantumkan pendanaan informasi yang lengkap.

Sesuai dengan peraturan dan ketentuan  dalam memilih produk kosmetika wajib memperhatikan kemasan, Label, Izin Edar, Kegunaan dan Cara Penggunaan, serta Waktu Kadaluarsa  sehingga dapat mengurangi kesalahan penggunaan atau bahkan akibat buruk dari penggunaan kosmetika. Cara mudah untuk memilih kosmetika dengan motto “Cek Klik”, yaitu Cek Kemasan, Label, Ijin Edar dan Kadaluwarsa.

KEMASAN

Kemasan memiliki peranan yang sangat strategis untuk dapat melimdungi isi kosmetika dari pengaruh luar, sepertui pengaruh udara, kelembapan, cahaya, dll, yang mengakibatkan penurunan kualitas  mutu kosmetika. Pada saat memilih kosmetika pPastikan kemasan kosmetik dalam keadaan baik (tidak rusak/cacat/jelek), Jangan memilih kosmetika yang kemasannya rusak (menggelembung/penyok),  Memiliki warna, bau dan konsistensi produk baik, Bentuk dan warna stabil serta tidak ada bercak kotoran dan Pilih kosmetik dengan penandaan yang baik, tidak lepas atau terpisah dan tidak luntur sehingga informasi dapat terbaca dengan jelas

LABEL

Label adalah infirmasi penting yang diperuntukan untuk konsumen, Setiap kosmetik wajib mencantumkan penandaan/label yang benar. Ketika memilih kosmetik pastikan label kosmetik tersebut lengkap dan jelas yang mencantumkan minimal  nama kosmetika, Kegunaan, cara penggunaan, Komposisi, nama dan negara produsen, nama dan alamat lengkap pemohon notifikasi, nomor bets, ukuran, isi atau berat bersih, tanggal kedaluwarsa, peringatan/perhatian dan keterangan lain yang dipersyaratkan, dan nomor notifikasi.

IZIN EDAR BERUPA NOTIFIKASI

Pastikan kosmetika yang digunakan sudah memiliki izin edar berupa notifikasi dari Badan POM. Nomor notifikasi dari Badan POM ditandai dengan kode NA untuk produk Asia, NB untuk produk Australia, ND untuk produk  Afrika, NE untuk  produk Amerika dan NC untuk produk Eropa dengan diikuti 11 digit angka. Nomor izin edar tersebut wajib tercantum pada label produk yang menandakan bahwa produk kosmetika tersebut telah melalui evaluasi mutu dan keamanan sehingga layak untuk diedarkan dan digunakan oleh masyarakat. Apabila terdapat keraguan terhadap nomor notifikasi, masyarakat dapat mengecek di website resmi Badan POM yaitu www.cekbpom.pom.go.id dan melalui aplikasi di playstore dengan aplikasi bernama Cek BPOM. Apabila produk yang dicari sudah tercantum di website dan aplikasi Badan POM berarti produk tersebut sudah ternotifikasi oleh Badan POM dan apabila tidak ditemukan di website dan aplikasi Badan POM berarti produk belum ternotifikasi oleh Badan POM, sehingga tidak dijamin mutu dan keamanannya.

KEGUNAAN DAN CARA PENGGUNAAN

Pada setiap produk kosmetik pada bagian label wajib mencantumkan kegunaan dan cara penggunaan supaya tidak terjadi kesalahan atau kekeliruan saat menggunakan produk kosmetik, bacalah dengan cermat kegunaan dan cara penggunaan yang tercantum pada kemasan sebelum memakai kosmetika. Pilihlah kosmetika yang sesuai kebutuhan.

WAKTU KEDALUWARSA.

Setiap produk kosmetika wajib mencantumkan waktu kedaluwarsa sebagai jaminan mutu produk kosmetika tersebut oleh produsen sepanjang penyimpanannya sesuai dengan yang tercantum pada label. Jangan lupa untuk melihat tanggal kedaluwarsa pada label produk pastikan produk kosmetika yang digunakan tidak melewati tanggal kadaluwarsa. Kosmetik yang kedaluwarsa dapat menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan.

Selain tanggal kedaluwarsa kosmetik yang sudah lewat, faktor yang bisa membuat kosmetik cepat rusak, di antaranya adalah segel yang telah terbuka. Oleh karena itu untuk menjadi perhatian masyarakat, produk kosmetik yang digunakan beberapa kali harus ditutup Kembali dengan baik dan rapat untuk menghindari terpaparnya kosmetik oleh udara luar untuk menghindari rusaknya kosmetik yang digunakan.  Sebagai informasi untuk masyarakat belakangan ini semakin marak peradaran produk kosmetik palsu atau tidak terdaftar.(Mahentoro )

---------------------WASPADA DENGAN PRODUK KOSMETIK ILEGAL-------------------