BBPOM di Denpasar Gelar Percepatan Penerbitan Izin Edar Pangan Olahan, Jaminan Tingkatkan Daya Saing UMKM Bali

22-02-2024 Denpasar Dilihat 168 kali

Denpasar-Selama dua hari, tepatnya tanggal 20 sampai 21 Pebruari 2024 dilaksanakan pelayanan prima dalam rangka jemput bola penerbitan Izin Edar pangan olahan di Balai Besar POM di Denpasar. Kegiatan ini sebagai rangkaian inovasi SI PiNGKAN yang digagas sebelumnya dan direvitalisasi menjadi Gebyar UMKM Bali. Program spektakuler ini memberi peluang besar untuk pelaku usaha mendapatkan pemahaman yang tepat terkait tahapan memperoleh Izin Edar mulai dari tata cara memperoleh IP CPPOB (Izin Penerapan Cara Pembuatan Pangan Olahan yang Baik) sampai mengantongi Izin Edar BPOM RI MD.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Besar POM di Denpasar, I Gusti Ayu Adhi Aryapatni. Dalam sambutan pembukaannya, Ibu Ary menyampaikan pesan mendalam dan membangun semangat para pelaku usaha UMKM yang hadir. Disampaikan juga Visi dan Misi serta Tupoksi BPOM dalam membantu pelaku usaha melalui pelayanan prima dengan konsep melayani sepenuh hati dengan 5 S ( Sambut dengan Senyum dan Salam didasari Semangat Melayani untuk memberi Solusi). “Saya ingin UMKM Bali berkembang meningkatkan daya saing, BBPOM di Denpasar akan senantiasa siap mendampingi” Papar bu Ary.

Hari pertama, 20 Pebruari 2024 disampaikan sosialisasi materi terkait, Online Single Submission oleh Tim Teknis Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dwi Hendranata; materi IP CPPOB, disampaikan oleh Ketua Tim Sertifikasi BBPOM di Denpasar, Putu Ekayani ; Tata Cara mendapatkan Izin Edar Pangan Olahan disampaikan oleh Evaluator dan Verifikator, Dwita Ratih Fitriani dari Direktorat Registrasi Pangan Olahan BPOM RI, dan Label serta Iklan Pangan dipaparkan oleh Septian Ardiyansah dari tim Badan POM.

Hari kedua, merupakan desk registrasi bagi 40 peserta yang telah berproses untuk mendapatkan Izin Edar di sistem. Dengan perjuangan dari pagi dan bimbingan serta pembinaan 7 orang evaluator yang sabar serta melayani, akhirnya dalam jangka waktu cepat, Izin Edar Pangan Olahan dapat diterbitkan sebanyak 35 Nomor Izin Edar. Rilis juga 3 Akun perusahan baru, dan 4 akun perusahan yang masih dalam proses tambahan data. Dan yang lebih melegakan serta membawa peluang baik adalah ada 85 pengajuan pendaftaran yang menunggu tambahan data di sistem ereg-RBA.

Kepala Balai Besar POM di Denpasar, tampak bangga dan pelaku usahapun tersenyum bahagia dengan terbitnya izin edar ini. Dalam kata penutupnya, kepala BBPOM menyampaikan ucapan selamat serta menyerahkan sertifikat Izin Edar Pangan Olahan secara simbolis kepada 3 orang pelaku usaha UMKM Pangan yang mengikuti kegiatan. Selamat pagi UMKM Bali berdaya saing!. (EKAYANI)

Sarana